Selamat Datang di Virtual Office M.A.M (Reseller OtomaX Original Indonesia), melayani: Pembelian Baru, Upgrade, Iuran, Ganti SIMCard, Balik Nama dan Support Premium OtomaX

PPOB Postpaid/Paskabayar

Mulai versi 3.6.3 OtomaX telah mendukung transaksi PPOB Postpaid/Paskabayar namun hanya berlaku untuk edisi Ultimate, sehingga jika edisi OtomaX Anda belum Ultimate, upgrade dahulu klik disini; dan jika belum memiliki OtomaX, beli dahulu klik disini.

Dengan fitur ini Anda dapat memproses pembayaran tagihan listrik, telpon, PDAM, tagihan cicilan kendaraan, BPJS dan lain - lain dengan bekerja sama dengan Supplier PPOB Postpaid/Paskabayar mana saja yang Anda inginkan.

PERHATIAN:
Sebelum mensetting PPOB Postpaid/Paskabayar Anda harus mengetahui lebih dahulu hal - hal berikut:

  1. Alur kerja sistem yang digunakan supplier.
  2. Format - format cek tagihan dan bayar tagihan supplier setiap produk.
  3. Contoh - contoh balasan cek tagihan dan bayar tagihan supplier komplit untuk masing - masing produk.

Silahkan 3 poin diatas ditanyakan ke supplier Anda, baru kemudian dapat mulai melakukan pengaturan di OtomaX.

Untuk masing - masing jenis PPOB biasanya diperlukan 2 Kode Produk, yaitu kode produk untuk mengecek tagihan dan kode produk untuk membayar tagihan.

  1. Membuat kode produk cek tagihan.
    1. Masuk menu Administrasi -> Provider -> buat Kode Provider misalnya PPOB dan klik tombol Simpan.

      kode provider

    2. Masuk menu Administrasi -> Produk -> buat kode produk misalnya CEKPLN (untuk cek tagihan PLN); pada kolom Provider pilih PPOB; dan klik tombol Simpan.

      kode produk cekpln

    3. Masuk menu Administrasi -> Jawaban dari Provider -> buat penangkap jawaban untuk menangkap balasan cek tagihan dari supplier, tata caranya klik disini; dan pada kolom Kelompok isi SUPPLIER-CEK misalnya.

      penangkap jawaban cek tagihan

    4. Buat IM Hybrid HTH untuk memproses transaksi ke supplier, tata caranya klik disini; pada Label isi SUPPLIER-CEK misalnya; dan pada Kelompok Jawaban arahkan ke kelompok SUPPLIER-CEK.

      im hybrid supplier cek

    5. Masuk menu Administrasi -> Parsing ke Provider -> pada kolom Modul pilih SUPPLIER-CEK; pada Produk isi CEKPLN; pada Perintah isi dengan format cek tagihan supplier (tanyakan ke supplier Anda); dan klik tombol Simpan.

      parsing cekpln

    6. Selesai.
  2. Membuat kode produk bayar tagihan.
    1. Masuk menu Administrasi -> Provider -> pastikan telah tersedia Kode Provider untuk PPOB misalnya PPOB.
    2. Masuk menu Administrasi -> Produk -> buat kode produk misalnya BYRPLN (untuk bayar tagihan PLN); pada kolom Provider pilih PPOB; centang checkbox Postpaid; pada kolom Harga Beli isi fee dari supplier diawali tanda minus (-), misalnya Anda mendapat free Rp2.000 isi -2.000; sementara kolom Harga Jual isi fee untuk Reseller Anda diawali tanda minus (-), misalnya Anda ingin memberikan fee Rp1.500 isi -1.500; dan terakhir klik tombol Simpan.

      kode produk byrpln

    3. Masuk menu Administrasi -> Jawaban dari Provider -> buat penangkap jawaban untuk menangkap balasan cek tagihan dari supplier, tata caranya klik disini; pada kolom Kelompok isi SUPPLIER-BYR misalnya; dan pada kolom Status Trx pilih Menunggu Jawaban.

      penangkap jawaban cek tagihan

      Tangkap total tagihan yang berada di balasan cek tagihan dari supplier dengan menggunakan RegEx dan simpan di parameter tagihan atau bill, tata cara membuat RegEx klik disini. Setelah RegEx dibuat masukkan di kolom Expresi Regular.

      RegEx total tagihan

      Arahkan kursor mouse ke kata Kelompok -> klik kanan -> klik Perintah atau (khusus v4.0.0 atau lebih tinggi) arahkan kursor ke kata Kelompok -> klik kanan -> pilih Select columns... -> centang checkbox: Perintah -> klik OK untuk memunculkan kolom Perintah.

      memunculkan kolom perintah

      Pada kolom Perintah isi format bayar tagihan supplier (tanyakan ke supplier Anda). Perhatikan gambar di bawah ini:

      kolom perintah

      Buat penangkap jawaban untuk menangkap balasan bayar tagihan dari supplier, tata caranya klik disini; pada kolom Kelompok isi SUPPLIER-BYR misalnya; dan pada kolom Status Trx pilih Sukses.

      penangkap jawaban bayar tagihan

    4. Buat IM Hybrid HTH lagi, tata caranya klik disini; pada Label isi SUPPLIER-BYR misalnya; dan pada Kelompok Jawaban arahkan ke kelompok SUPPLIER-BYR.

      im hybrid supplier byr

    5. Masuk menu Administrasi -> Parsing ke Provider -> pada kolom Modul pilih SUPPLIER-BYR; pada Produk isi BYRPLN; pada Perintah isi dengan format cek tagihan supplier (tanyakan ke supplier Anda); dan klik tombol Simpan.

      parsing byrpln

    6. Masuk menu Alat Penguji -> Penguji Jawaban -> pada box: Jawaban Provider masukkan balasan cek tagihan; pada Kelompok Jawaban pilih SUPPLIER-BYR -> klik tombol Tes -> pastikan di box: Hasil Pengujian berisi:

      Status Trx = MENUNGGU JAWABAN
      Perintah Balasan = BPLN.[tujuan].3478 (sesuai format bayar tagihan supplier Anda)

      Dan kemudian di box: Jawaban Provider masukkan balasan bayar tagihan; pada Kelompok Jawaban pilih SUPPLIER-BYR -> klik tombol Tes -> pastikan di box: Hasil Pengujian berisi:

      Status Trx = SUKSES

      Apabila Hasil Pengujian balasan cek tagihan dan balasan bayar tagihan belum seperti diatas, cek kembali penangkap jawaban.

    7. Selesai.

Catatan 1:
Harga Reseller = Tagihan + Harga Jual

Misal Tagihan: 10.000 dan Harga Jual: -1.500, maka Harga Reseller: 10.000 + -1.500 = 8.500

Catatan 2:
Pada balasan cek tagihan yang dikirimkan supplier, pastikan dilampirkan total tagihan (tagihan + biaya admin + biaya lainnya jika ada). Apabila tidak demikian mintalah agar supplier melampirkannya.